DISMINOREA

DISMINOREA

By rini werdiningsih
09.0.B.703

Disminorea adalah rasa sakit yang menyertai menstruasi sehingga dapat menimbulkan gangguan sehari-hari. Derajat rasa nyerinya bervariasi mencakup ringan ( berlangsung beberapa saat dan masih dapat beraktivitas sehari-hari ), sedang (karena sakitnya diperlukan obat untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi masih dapat meneruskan pekerjaanya ), berat ( rasa nyerinya demikian beratnyab sehingga memerlukan istirahat dan pengobatan untuk menghilangkan nyeri ).
Sebab disminorea dapat dibagi menjadi dua bagian :  disminorea primer, semata-mata berkaitan dengan aspek hormonal yang mengendalikan uterus dan tidak dijumpai kelainan anatomis; disminorea sekunder, rasa nyeri yang berkaitan dengan kelainan anatomis uterus biasanya terjadi pada pemakaian IUCD/AKDR. Diantara sebab-sebab kelainan anatomis yang perlu diketahiu oleh bidan adalah kemungkinan kelainan endometriosis, kemungkinan stenosis kanalis serviks uteri, kemungkinan retrofleksia uteri, kemungkinan terdapat polip endometrium atau polip miomatik.
Bagaimana sikap bidan menghadapi penderita yang mengalami dismenorea sedang dan berat? Tanpa memandang sebabnya ,untuk sementara waktu dapat diberikan analgesik (antalgin, novalgin, dan sebagainya ).Tambahan berupa vitamin E. Bila dalam pengamatan lanjut dijumpai dismenoreanya selalu berulang apalagi bertambah rasa sakitnya kiranya perlu dilakukan rujukan. Jelas pada pemeriksaan bidan dijum[pai kelainan anatomis, maka rujukan makin besar indikasinya.
Kadang- kadang dengan pengobatan sederhana yang sering penulis lakukan, keadaan disminorea dapat diatasi. Tetapi dalam keadaan tertentu disminorea bukanlah merupakan masalah ringan tetapi memerlukan tindakan yang bersifat spesialitis, Untuk keamanan dan kenyamanan mereka yang menderita,  maka bidan selalu harus memikirkan kemungkinan untuk melakukan rujukan, sambil belajar dari mereka yang ahli.
Demikian tulisan singkat saya tentang disminorea, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: