berbagai macam alat kontrasepsi

KONTRASEPSI

 

By Rini werdiningsih

09.0.B.703

 

A.METODE ALAMIAH

 

  Kemampuan ovum untuk hidup kira-kira 48 jm,tetapi spermatozoa sekali memasuki uterus dapat bertahan hidup selama 5 hari.Untuk menyisakan batas waktu 5 hari hubungan seksual harus dihindari pada kedua sisi pada 48 jam setelah hari ovulasi yang diharapkan.Jika siklus menstruasi 28 hari makahubungan seksual harus dihindari antara hari ke 10 dan 18.Masalah yang paling besar adalah untuk mengetahui waktu ovulasi yang sebenarnya.

 Metode koitus interuptus(senggama terputus) ini dapat di pertimbangkan bila alat kontrasepsi yang biasa tidak dapat di terima.Tetapi koitus interuptus tidak mempunyai angka kegagalan 100%.

 Perubahan murcus cervik adalah suatu kenaikan jumlah dan kekentalan(viskositast)sekresi cervik.

 

B.METODE MEKANIS

 

–         KONDOM

 

  Kondom dibuat dari lateks yang divulkanisir tipis tetapi kuat,dapat dipakai oleh pria untuk mencegah cairan seminimal memasuki vagina.untuk beberapa pria penggunaan kondom ini mengganggu,yang lain mengalami iritasi dan mengurangi kekuatan(potensi) sedangkan pihak perempuanya mengeluh bahwa kondom merepotkan dan mengurangi rasa nikmat serta hubungan yang mesra.sebaiknya pihak wanita menggunakan obat-obatan spermisida(pembunuh spermatozoa)kimiawi apabila pihak pria menggunakan kondom.

  Angka kegagalan sangat tinggi, mungkin karena telah terdapat hubungan genetialsebelum kondom dipasang atau karena penarikan penis yang terlambat,yaitu baru ditarik setelah penis kendur dan kondom dapat membocorkan semen saat penis ditarik keluar.keuntungan besar dari pemakaian kondom adalah perlindungan terhadap penyakit menular seksual lain yang meliputi pula karsionoma cervix.

 

–         TUTUP DAN DIAFRAGMA

 

 Wanita dapat dipasangi tutup cervix atau diafragma yang terbuat dari lateks yang telah di vulkanisir.fungsinya adalah untuk mencegah masuknya sperma kedalam canalis cervicis sehingga sperma akan mati didalam lingkungan asam di vagina.sebaiknya dipergunakan bersama obat-obat spermisida untuk meningkatkan efektivitasnya dan tidak boleh dilepas sebelum paling tidak 8 jam setelah senggama.tapi mungkin penggunaya bias mengalami iritasi vagina sebagai akibat dari alergi ringan tarhadap lateks atau spermisida.juga karena tekanan pada bingkai diafragma pada dasar vesica urinaria dan akan mengalami infeksi saluran kemih.

 

–         SPON KONTRASEPSI

 

Spon sekali pakai ini mempunyai cekungan di tengahnya yang dimasuksn agar dapat sesuai dengan ostium cervicis.pada spon terdapat pita untuk membantu saat mengeluarkan dari vagina.spon tersrbut dibubuhi spermisida dan air sebelum dimasukan kedalam vagina.dan dapat tetap berada divagina selama 24 jam sebelum koitus dan didiamkan selama 6 jam setelah koitus.

Kenyataanya spon tersebut kurang membantu dibanding dengan spermisida dan angka kegagalan lebih tinggi dibandingkan dengan diafragma.

–          AKDR (Alat kontrasepsi dalam rahim )

AKDR pertama kali di perkenalkan oleh Richter di Polandia yang terdiri atas 2 benang sutra yang tebal. Berkat tersedianya antibiotika untuk mengendalikan infeksi, perbaikan desain AKDR, serta kesadaran yang meningkat akan perlunya pengendalian kesuburan, maka kini AKDR telah mendapat penerimaan yang luas di kalangan masyarakat. Contoh AKDR ialah Copper T, Copper 7, Ypsilon- Y, Copper T3800A.

Untuk cara penggunaan, mekanisme kerja dan efek samping insyaAllah akan saya bahas dalam kesempatan berikutnya.  

 

–         KONTRASEPSI SUNTIKAN

 

 Biasanya kontrasepsi suntikan yang di gunakan adalah long action progestin yaitu Noretisteron enantat (NETEN ) dengan nama dagang Noristrat dan Depomedroksi progesteron asetat ( DMPA ) dengan nama dagang Depoprovera.

Daya guna suntikan medroksiprogesteron  asetat ( 150mg setiap 3 bulan ) ialah 0,3 – 0,5 kehamilan / 100 tahun- wanita, sedang daya guna pemakaian adalah 5-10 kehamilan / tahun- wanita.

 Efek samping yang berupa gangguan haid adalah amneorea, menoragia, dan spooting.

 

–         PIL MINI

 

Pil ini hanya mengandung progestin saja, tanpa estrogen. Dosisnya 0,5 mg atau kurang. Pil ini diminum setiap hari, juga pada waktu haid.

Efek samping pil ini adalah perdarahan tak teratur dan spotting.Apabila lupa minum 1-2 pil dalam satu siklus sudah cukup untuk menimbulkan kehamilan.

Karena tanpa estrogen pil mini dianjurkan bagi para wanita yang masih menyusui.pemakaian pil ini masih terbatas dan belum terlalu populer.

  Demikian tulisan ini saya buat , semoga bermanfaat. Dan dengan segala kerendahan hati saya mohon kritik dan saranya agar untuk kedepan saya lebih baik dalam menyajikan tulisa. Terimakasih.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: